Kesalahan Merawat Ayam Sabung Dan Cara Merawat

Kesalahan Merawat Ayam Sabung Dan Cara Merawat

Kesalahan Merawat Ayam Sabung Dan Cara MerawatKesalahan Merawat Ayam Sabung Dan Cara Merawat Yang Baik

Kesalahan Merawat Ayam Sabung – Merawat ayam jago aduan hingga menjadi ayam tangguh tentunya harus dilakukan dengan baik. Jika ayam diberi perawatan terbaik, kemungkinan besar mereka akan menjadi petarung terkuat dan memenangkan setiap pertandingan berikutnya. Tentunya disini tata cara merawat ayam harus dilakukan dengan benar.

Disini pemilik ayam aduan perlu benar-benar memahami bagaimana cara penanganan ayam yang akan digunakan dalam kompetisi. Hal ini agar juara yang menjadi juara akan menjadi pemenang dalam setiap pertarungan tersebut.

Hindari Kesalahan Merawat Ayam Sabung

Kesalahan Merawat Ayam Sabung – Cari tahu langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan dan bagaimana cara merawat atau merawat ayam Anda untuk menjadi pejuang yang hebat. Jangan lakukan kesalahan dalam merawat ayam karena akan mempersulit kemenangan dalam proses penawaran. Berikut kesalahan-kesalahan dalam merawat ayam aduan.

Bersamaan Dalam Satu Kandang
Kesalahan Merawat Ayam Sabung – Salah satu kesalahan dalam merawat ayam adalah tidak memisahkan kandang ayam. Kebanyakan dari mereka melakukan kesalahan dengan mengawinkan ayam aduan dengan ayam tua. Menggabungkan ayam yang akan digunakan untuk pertandingan dengan ayam lain, tentunya merupakan aktivitas yang salah. Oleh karena itu sebaiknya pisahkan kandang ayam yang masih digunakan untuk bersaing dengan ayam tua atau ayam muda.

Salah Dalam Pemberian Makan
Kesalahan lain yang harus dihindari saat merawat ayam aduan adalah pemberian pakan yang salah atau tidak tepat. Misalnya, memberi nasi kepada ayam yang mengeluh adalah perbuatan yang salah.

Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan

Memberi makan nasi akan berbahaya bagi ayam karena ayam akan tumbuh dan berotot lebih cepat, sehingga berat badan lebih cepat bertambah.

Waktu Penjemuran Yang Terlalu Lama
Kesalahan lain dalam merawat ayam adalah proses penjemuran yang terlalu lama. Proses penjemuran ayam yang baik hanya membutuhkan waktu 3 jam, mulai pukul 07.30 hingga 10.00. Jika waktunya terlalu lama dan cuaca panas, ayam akan lemas dan kemungkinan besar mati.

Latihan-latihan YAng Tidak Perlu
Kesalahan Merawat Ayam Sabung – Terkadang banyak dari pecinta ayam sabung yang memberikan latihan-latihan yang tidak perlu. Sebenarnya latihan-latihan yang tidak perlu namun banyak yang masih mempraktekannya adalah latihan yang kebanyakan membuang tenaga. Sehingga ayam dipaksa untuk menguras tenaganya. Saat melatih ayam sabung sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan prosedur akan membawa dampak yang baik bagi ayam sabung kesayangan gan.

Cara Merawat Yang Baik

Kesalahan Merawat Ayam Sabung – untuk merawat ayam sabung sebenarnya sangat gampang, hanya butuh ketekunan dan kerajinan dalam merawat ayam.  Banyak orang yang memiliki hobi merawat ayam, namun dalam waktu seminggu mereka akan bosan dengan hobi ini. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat merawat Ayam Bangkok.

1. Makanan
Makanan adalah hal terpenting untuk semua jenis makluk hidup. Namun dalam hal ini yaitu merawat ayam sabung. Pakan merupakan sumber energi yang mempengaruhi perilaku, tingkah laku dan kinerja selama sabung ayam.

Pemberian pakan ayam bangkok yang baik adalah jumlah pakan yang sesuai dengan berat ayam, misal ayam seberat 3-4 kg, maka pakan yang perlu anda berikan adalah 200-300 gram per pakan (bukan siang hari).

Pakan ayam juga harus disesuaikan, biasanya berbeda untuk ayam muda dan ayam tua. Kalaupun dengan ayam yang juga sudah dewasa, beda beda tergantung keinginan anda, kalau mau komplain biasanya ditambahkan pakan jagung yang masih utuh digantung untuk melatih paruh ayam agar tetap kuat.

Selain pakan dan suplemen vitamin kita juga perlu memberikannya dengan pemberian vitamin yang baik pada malam hari, karena ayam dalam keadaan tenang, dalam keadaan ini ayam dapat dengan mudah mencerna vitamin dan suplemen yang akan masuk dengan sempurna ke dalam tubuh ayam.

2. Memandikan
Selain untuk kebersihan, memandikan ayam juga untuk penampilannya. Sehingga rasa percaya dirinya akan semakin besar. Bahkan hal itu dapat mempengaruhi performanya dalam pertarungan.

Waktu yang tepat untuk memandikan ayam aduan adalah sekitar pukul 08.00, kecuali jika hujan. Cara mandi yang benar adalah dengan menggunakan air sumur bersih, tidak menggunakan sabun, dan jangan menggunakan air hangat karena air ini dapat merusak jaringan pertumbuhan rambut ayam anda.

Cara mandi yang benar

  • Tenangkan ayam terlebih dahulu dengan memeganya secara perlahan-lahan. Kemudian basuhlah dari kepala secara perlahan dengan busa yang sudah basah.
  • Siramlah secara perlahan dari bagian leher ke arah bawah.
  • Setelah selesai menyiram ayam, keringkan dengan cara basuh menggunakan kain kering dari bagian leher ke arah bawah agar bulu ayam tidak kelebihan air. sehingga kelembaban bulu ayam dapt terjaga dengan baik.
  • Bagian kloaka harus dibersihkan dengan baik. Sebab bagian itu sering didapati kotoran yang mengering.
  • Selanjutnya basahkan kain lalu basuh sayap dan kaki ayam secara perlahan. Kemudian basuh ulang menggunakan kain kering untuk mengeringkan sayap dan kaki ayam. lakukanlah secara perlahan agar bulu sayap dan kulit kaki ayam tetap awet dan kulit tidak iritasi ringan.
  • Bersihkan bagian dubur.
  • Perlu diingat,jangan sering membasahi bagian punggung ayam sebab bulu bagian punggung akan kusut bila terlalu sering dibasahi atau terkena air.
  • Jangan lupa untuk memeras air dari handuk kemudian dikeringkan agar kandungan air tidak terlalu banyak.

3. Penjemuran

Setelah mandi pastikan mengeringkannya dengan cara meletakkan ayam di kandang bulat, dan jangan lupa letakkan alasnya di bagian bawah bisa dari kayu atau batu agar ayam tidak menggulung dan tidak kotor. Pengeringan berlangsung hingga jam 10.00 pagi, karena selama ini sinar matahari mengandung vitamin D dalam bentuk tidak aktif yang sangat membantu dalam proses pertumbuhan tulang dan rambut.

4. Latihan
Latihan ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam pertandingan. Biasanya para master melatih ayamnya sejak umur 6-7 bulan, sedangkan pada 1-5 bulan mereka fokus pada proses pertumbuhan tubuh. Latihan fisik yang sering dilakukan akan membuat ayam lebih terbiasa bekerja keras, kuat dan tidak cepat lelah saat bertanding. Latihan fisik yang terdiri dari latihan bertarung dengan ayam sejenis atau lokal, latihan setiap pagi juga perlu dilakukan agar otot menjadi lemah dan fleksibel sehingga mudah untuk menangkis musuh.

Selain latihan fisik, perlu juga dilakukan latihan mental, karena sebagian besar ayam bangkok ini sudah tulang punggung atau trauma ketika mengalami kegagalan yang memalukan tersebut

Baca juga : Tips Memandikan Ayam Sabung Dan Melatih Fisik